Friday, September 4, 2009

Ceramah Pak Ustad soal Bahagia

Ceramah Pak Ustad soal Bahagia

Taraweh hari ke tiga belas malam ke empat belas Bulan Puasa 2009
Sehabis taraweh sebelum sholat withir, di musholla tempatku sholat taraweh ada sedikit kultum dari pak ustad. Kali ini yang berceramah Bp Ustad Aziz (kalau ndak salah nama ).

Pak Ustad dalam ceramahnya mengatakan soal ciri orang beruntung atau ciri orang bahagia dimata Allah SWT. yaitu :

1. Selalu ingat pada dosa dan kesalahannya.
Dosa terbagi dua, yaitu dosa kepada Allah dan dosa kepada Manusia. Dosa kepada Allah menurut pak Ustad, mudah untuk dihapus, yaitu dengan selalu memohon ampunan, membaca istighfar dan tak melakukan kesalahan yg sama. Sedangkan dosa kepada manusia kata pak Ustad baru akan terhapus jika kita telah dimaafkan oleh orang yang kita zalimi, termasuk diantaranya yaitu utang (Punya utang Ke siapa yah ????)

2. Selalu melupakan segala amal kebajikan yang pernah dibuatnya.
Ini yang mungkin agak sulit. sebab sering juga aku misalnya membanggakan diri soal beberapa kebaikan yg pernah kubuat meski awalnya hanya berupa cerita biasa dan bukan maksudnya utk membanggakan diri, tapi lama2 aku nyadar kalau aku sudah terjebak pada "Rasa Bangga Diri" yang berlebihan.

3. Selalu melihat kebawah dalam hal kenikmatan duniawi.
Pak ustad mencontohkannya dengan seperti ini : Orang yang punya mobil merasa beruntung karena ada org yang hanya bisa naik motor. Orang yg naik motor merasa beruntung karena ada org yang hanya bisa naik sepeda. Orang yan naik sepeda merasa beruntung karena banyak org yang hanya bisa berjalan kaki., Dan orang yang berjalan kaki pun masih merasa beruntung karena masih ada pula orang yang tak bisa berjalan ,alias cacat kaki dan seterusnya.

4. Selalu melihat yang lebih baik pada masalah amal kebajikan.
Contohnya : "aku ngiri sama orang yang sudah bisa pergi haji, atau aku ngiri sama orang yang bisa selalu sholat berjamaah di masjid, atau aku ngiri sama orang yang bisa selalu membaca Alqur'an setiap hari. dan seterusnya.

Nah....dengan berpegang pada ke empat ciri tersebut Insya Allah aku bisa menjadi orang yang beruntung dimata Allah SWT, amieeeennn

Ba'da Taraweh, Jum'at 04 September 2009

No comments:

Post a Comment