Thursday, September 24, 2009

Daftar Google Adsense

Daftar Google Adsense

Kamis,24 September 2009
Hari ini aku mau coba daftar ke google adsenselagi setelah beberapa waktu lalu akun adsense ku di banned. Mencoba peruntungan sekaligus menjajal dan mengasah kemampuan ilmu ngeblog ku.

Google Adsense adalah layanan iklan yang disediakan oleh Google.com, dimana para pemilik situs dapat memasang iklan pada situs yang kita miliki untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Google Adsense tergolong program Pay Per Click (PPC), yang mana Google hanya akan memberikan komisi kepada pemilik situs apabila pemilik situs tersebut bisa mendatangkan pengunjung untuk mengklik iklan Adsense yang mereka pasang.
Iklan yang disediakan bermacam-macam jenisnya, bisa itu berupa teks, gambar, feed atau bahkan kotak pencarian, dan karena sifatnya yang kontekstual (contextual), sehingga iklan adsense dapat secara otomatis menampilkan iklan yang sesuai atau relevan berdasarkan isi halaman dimana iklan adsense tersebut di pasang.

Cara kerja Google adsense
Google Adsense memiliki sistem kerja yang hampir sama dengan kebanyakan program Advertising Pay Per Click (PPC) lainnya, dimana sang pemilik website diminta untuk mendaftar terlebih dahulu ke program Google Adsense, setelah proses pendaftaran berhasil dilakukan, maka sang pemilik website sudah dapat melakukan settingan iklan dan menempatkan iklan adsense tersebut pada halaman website yang dimiliki, dan baru setelah itu sang pemilik website sudah bisa memulai untuk mempromosikan iklan Adsense dan akan mendapatkan komisi apabila iklan Adsense yang di promosikan mendapatkan klik dari pengunjung website.
Satu account Adsense boleh ditempatkan ke banyak website dan bahkan bisa ditempatkan ke lebih dari 200 website berbeda.

AdSense for Content
Adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

Adsense for Domain
Adalah jenis iklan Adsense yang mengijinkan pemilik domain yang sudah tidak mengoptimalkan domainnya untuk memparkir atau mengarahkan domain tersebut ke Google Adsnse , dimana nantinya pihak Google Adsense akan menyisipkan iklan Adsense pada halaman domain tersebut yang tentunya apabila ada pengunjung yang mengklik iklan Adsense tersebut maka sang pemilik account adsense akan mendapatkan komisi.

Adsense for Feeds
adalah iklan Adsense yang terintegrasi dengan Atom dan RSS Feeds, dimana nantinya iklan Adsense for Feeds tersebut hanya akan muncul di halaman RSS atau Atom, seperti Google Reader, Yahoo News dan beberapa Feed lainnya.
Cara setup iklan Adsense for Feeds
1. Login/masuk ke halaman akun Adsense
2. Kemudian pilih menu tab yang bertuliskan "AdSense Setup".
3. Setelah itu klik link yang bertuliskan "AdSense for Feeds".
4. Pada halaman yang bertuliskan "AdSense for Feeds" Anda akan melihat beberapa settingan yang harus Anda tentukan, diantaranya :
* Ad type
* Frequency
* Post length
* Position
* Colors
* Channels
5. Setelah Anda selesai melakukan settingan diatas, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengklik link yang bertuliskan "Burn a new feed" yang ada pada menu "Feeds".
6. Masukan alamat website yang akan didaftarkan pada kotak yang bertuliskan "Activate a new feed".
7. Kemudian pilihlah jenis tampilan RSS, setelah itu klik tombol "Next".
8. Pada halaman selanjutnya tentukanlah isian untuk "Feed Address", "Feed Title", "Feed Language" dan "Feed Statistic", dan kemudian klik tombol "Next" untuk melanjutkan proses pembuatan RSS.
9. Apabila proses penyettingan adsense for feeds telah dilakukan dengan benar, maka sebuah kotak pesan akan muncul dimana kotak tersebut berisi pemberitahuan bahwa proses penyetingan adsense for feed telah dilakukan dengan sempurna dan setelah itu kliklah tombol "Close".
10. Setelah itu Anda akan dibawa kembali ke halaman awal dari proses penyettingan RSS Feed, kliklah tombol "Save" untuk memulai mengaktifkan RSS yang telah Anda buat.

Adsense for Search
Adalah salah satu jenis iklan Adsense yang mengijinkan pemilik website untuk menyisipkan kotak pencarian Google pada halaman website yang mereka miliki, dimana apabila ada pengunjung yang melakukan pencarian dengan mengunakan kotak pencarian Adsense for search tersebut, maka Google akan menampilkan hasil pencarian beserta iklan berbayar, dimana apabila pengunjung mengklik iklan berbayar tersebut maka sang pemilik website akan mendapatkan komisi dari pihak Google.
Langkah untuk melakukan settingan iklan Adsense for Search
1. Silahkan Anda masuk/login ke account adsense yang Anda miliki.
2. Setelah itu pilih tab yang bertuliskan "Adsense Setup".
3. Pilih jenis iklan "Adsense For Search".
4. Pada halaman selanjutnya klik tombol option "Entire Web", dan kemudian klik tombol "Continue".
5. Setelah itu pilih jenis tampilan iklan adsense yang akan Anda tampilkan, dan kemudian klik kembali tombol "Continue".
6. Pada halaman selanjutnya pilih option yang bertuliskan "Open results within my own site ", dan masukan alamat URL dari halaman website yang telah Anda sediakan sebelumnya untuk menampilkan hasil pencarian Google, setelah itu klik tombol "Continue".
7. Pada halaman selanjutnya klik kotak kosong yang disediakan dan masukan nama dari search enggine yang telah Anda buat pada kotak yang bertuliskan "Name Your Search Engine:", dan kemudian klik tombol "Submit and Get Code".
8. Perhatikan halaman yang muncuk selanjutnya, disana Anda akan melihat ada dua buah kotak yang berisi kode, dimana kotak yang satu bertuliskan "Search Box Code " dan "Search Results Code ".
9. Sisipkan kode yang ada di dalam kotak yang bertuliskan "Search Box Code " pada halaman website yang akan menampilkan kotak pencarian search enggine, dan sisipkan kode yang berada di dalam kotak "Search Results Code" pada halaman website yang akan menampilkan hasil pencarian.

Channel Adsense
Adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google Adsense untuk memberikan informasi secara detail terhadap kinerja iklan adsense pada suatu website. Entah itu Ad Units, Link Units atau for Search. Jika diaktifkan untuk sebuah website maka channel akan memberikan informasi per nama domain berapa besar jumlah impression dan click. sehingga memudahkan kita nantinya untuk melakukan review/evaluasi terhadap kinerja website yang diletakkan channel. Namun channel memiliki batasan yaitu sebanyak 200 buah channel.

Huahhhh....lelah tenan...nanti sambung lagi dahhhhh

2 comments:

  1. Terima Kasih Informasinya, saya sudah 8x di tolak oleh adnsense. ini yang ke 9x nya, saya sudah mengunakan 11 gmail acount, mudah mudah an aja yang ke 9 ini ke terima, mungkin mas bisa nilai kenapa blog sya ini selali di tolak adsense : www.chandra-com.co.cc atau www.chandra-blog.co.cc

    terima kasih banyak, iformasinya sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. Mas Chandra becanda nih..barusan sy mampir ke blog nya, sudah ada tuh adsense nya...
    Trims ya sudah kasih koment yg bagus

    ReplyDelete